IN HOUSE TRAINING TATALAKSANA & PENANGANAN GIZI BURUK DAN KURANG PADA ANAK

Gizi buruk adalah kondisi tubuh terparah yang mengalami kekurangan gizi dalam kurun waktu yang lama (menahun). Hal ini umumnya terjadi pada anak-anak, gizi buruk pada anak seringkali disebabkan oleh kurangnya asupan makanan bergizi seimbang, di samping itu bisa juga disebabkan oleh penyakit-penyakit tertentu yang menyebabkan terganggunya proses pencernaan makanan ataupun terganggunya penyerapan zat gizi penting yang diperlukan oleh tubuh.

Dalam istilah medis Gizi Buruk disebut sebagai Malnutrisi Energi Protein (MEP) Berat, MEP itu sendiri ada dua macam yaitu MEP ringan dan berat. Pada MEP ringan disebut juga sebagai gizi kurang, belum menunjukkan gejala klinis yang khas, anak yang mengalami gizi kurang hanya terlihat kurus dan gangguan pertumbuhan.

Ketika seorang mengalami masalah kekurangan gizi, maka tanda dan gejala utama yang dapat kita amati antara lain: anak terlihat kurus, pertumbuhan kurang, dan berat badannya kurang. Biasanya anak susah/tidak mau makan,kadang rewel, sering menderita sakit yang berulang, dan terkadang timbul pembengkakan pada tungkai atau bahkan seluruh tubuh.
Jika Anda mencurigai seorang anak mengalami gizi buruk, maka segeralah di bawa ke fasilitas kesehatan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan status gizi anak dan menentukan faktor-faktor penyebabnya agar dapat dilakukan penanganan yang sesuai.

Hari ini Selasa (18/12/2018) RS Aisyiyah Bojonegoro mengadakan in house training tentang tatalaksana dan penanganan pasien gizi buruk dan kurang pada anak dengan narasumber bapak Rofiqi, SST dari Akademi Gizi Surabaya.

Acara yang diselenggarakan diruang Komite Medis RSA ini, diikuti sekitar 40 peserta dari puskesmas dan rumah sakit yang ada di Bojonegoro dan sekitarnya. Dengan diadakannya acara ini diharapkan setiap ada temuan masalah gizi buruk dan kurang pada anak dapat dilakukan penanganan secara cepat dan tepat sesuai dengan panduan yang ada, sehingga tingkat kesembuhan akan semakin meningkat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *